Solusi Islami Untuk Suami Yang Masih Suka Tergoda Dengan Wanita Lain



Assalamu’alaikum.
Saya sudah menikah. Sebenarnya istri saya cantik, tapi entah kenapa kadang saya tertarik wanita lain yang tampak lebih cantik. Adakah solusi Islam dalam hal ini?

Jawaban

Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Seperti yang dikutip dari keluargacinta.com, Salah satu hal yang harus dikendalikan oleh seorang muslim adalah syahwat terhadap lawan jenis. Seperti yang Anda ceritakan. Bahkan seandainya seorang laki-laki memiliki empat istri tercantik di dunia dan ia melihat-lihat wanita lain, ia bisa mendapatkan wanita lain itu lebih menarik daripada seluruh istrinya. Itulah syahwat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memperingatkan hal ini:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita.” (QS. Ali Imran: 14)

Rasulullah bahkan menjelaskan bahwa godaan terberat bagi pria adalah godaan wanita.

مَا تَرَكْتُ بَعْدِى فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

“Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, Islam memberikan panduan agar selamat dari godaan ini.

1. Menundukkan pandangan


قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ

“Katakanlah kepada orang-orang yang beriman, agar menundukkan pandangan mereka…” (QS. An Nur: 30)

Dengan menundukkan pandangan, mata lebih terjaga sehingga hati tidak tergoda. Sebaliknya, jika mata jelalatan, hati akan membandingkan. Pepatah rumput tetangga selalu lebih hijau akan dihembuskan syetan melalui anak panah berupa pandangan.

2. Jika tak sengaja melihat dan tertarik


Jika tak sengaja melihat dan tertarik wanita lain, Rasulullah menganjurkan untuk segera pulang menemui istri. Bahkan jika diperlukan, segera bercinta dengan istri.

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمُ امْرَأَةً فَأَعْجَبَتْهُ فَلْيَأْتِ أَهْلَهُ فَإِنَّ مَعَهَا مِثْلَ الَّذِي مَعَهَا

“Jika engkau melihat seorang wanita, lalu ia memikat hatimu, maka segeralah datangi istrimu. Sesungguhnya, istrimu memiliki seluruh hal seperti yang dimiliki oleh wanita itu.” (HR. Tirmidzi)

3. Jangan mendekati zina


Islam sangat tegas dalam hal ini. Jika seorang muslim tergoda dengan wanita lain, apa pun alasannya, ia tidak boleh mendekati zina. Misalnya dengan mendekatinya dan mengajak berkenalan, tukar nomor HP hingga berduaan, apalagi kalau saling bersentuhan. Sebab yang demikian akan membuat wanita tersebut semakin tampak cantik dengan hembusan-hembusan dari syetan.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Israa’:32)

4. Berdoa


Banyak-banyaklah berdoa kepada Allah agar dijaga dari fitnah dan godaan; agar diistiqamahkan dalam Islam dan senantiasa berada di jalan yang lurus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel